Sukses

Para Siswa Tangguh Itu Akhirnya Ikut Ujian

Puluhan siswa SD 150 Kaluku di Pinrang, Sulsel, akhirnya mengikuti ujian nasional. Ujian benar-benar perjuangan mereka karena harus berjalan sekitar 52 kilometer.

Liputan6.com, Pinrang: Puluhan siswa Sekolah Dasar 150 Kaluku di Kecamatan Lembang, Pinrang, Sulawesi Selatan, akhirnya mengikuti ujian nasional, Senin (7/5). Namun sebelum berangkat ujian, mereka juga harus menyapu dan mengepel rumah kos hingga menyiapkan sarapan sendiri. Bagi para pelajar di desa terpencil, ujian nasional bukan sekadar mengerjakan soal-soal. Ujian benar-benar perjuangan.

Sehari sebelum ujian digelar, anak-anak mulai berangkat. Tak adanya angkutan umum, memaksa tunas-tunas bangsa ini berjalan kaki puluhan kilometer. Melintasi hutan. Naik turun perbukitan. Hingga melewati jembatan yang berbahaya. Lelah tentu tak terkira. Namun perjalanan harus dilanjutkan. Jelang sore, mereka akhirnya tiba diperbatasan (baca: Berjalan 52 Km untuk Bisa Ikut Ujian)

Minimnya dana, membuat pihak sekolah hanya sanggup menyewa satu kendaraan untuk 20-an siswa. Satu jam kemudian mereka tiba di rumah penduduk tak jauh dari sekolah tempat ujian digelar. Namun perjuang belum selesai. Pagi tadi, saat langit masih gelap, anak-anak ini sudah bersiap. Menanak nasi, menyiapkan sarapan seadanya, hingga mencuci baju. berombongan mereka menuju sekolah, mengejar harapan dan cita-cita.(JUM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini