Sukses

Banjir Masih Merendam Bale Endah

Daerah Bale Endah memang langganan banjir. Setiap Sungai Citarum meluap, daerah tersebut pasti terendam. Warga berharap proyek pengerukan sungai segera diselesaikan.

Liputan6.com, Bandung: Puluhan rumah di Kecamatan Bale Endah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, masih terendam banjir luapan Sungai Citarum. Hujan yang selalu terjadi pada malam hari membuat Kampung Cienteung terendam banjir dengan ketinggian mencapai setengah meter.

Daerah Bale Endah memang langganan banjir. Setiap Sungai Citarum meluap, daerah tersebut pasti terendam. Apalagi jika hujan turun deras selama beberapa jam. Tumpukan sampah di lokasi juga membuat banjir lama surut.

Kendati begitu, warga tetap bertahan di bagian atas rumah mereka. Sebagian enggan mengungsi karena menganggap banjir sudah biasa terjadi.

Sedangkan proyek normalisasi Sungai Citarum yang telah berjalan sejak awal tahun 2012 hingga kini belum dirasakan manfaatnya oleh warga. Bahkan warga korban banjir mengeluhkan pengerukan Sungai Citarum yang lebih diutamakan di Kampung Cikarees ketimbang Kampung Cieunteung yang lebih rawan banjir.

Menurut Engkos, warga, banjir selalu terjadi pasang surut selama satu bulan terakhir. Namun terkadang air kembali naik pada malam hari dengan ketinggian air mencapai 75 sentimeter. Warga mengeluhkan kenapa proyek pengerukan lebih diutamakan di Kampung Cikarees.

Warga berharap pemerintah segera melakukan pengerukan Sungai Citarum yang melintas Kampung Cieunteung. Pasalnya jika pengerukan tidak dilakukan, Kampung Cieunteung akan selalu terendam banjir.(ULF)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini