Sukses

Ratusan Pengaduan Masuk Posko UN 2012

Ratusan pengaduan terkait pelaksanaan ujian nasional masuk ke posko ujian nasional di Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Pengaduan, termasuk beredarnya kunci jawaban ujian nasional di sekolah.

Liputan6.com, Jakarta: Hingga hari ketiga pelaksanaan Ujian Nasional, posko pengaduan di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menerima 732 pengaduan dari berbagai daerah.

Pada Rabu (18/4), seorang siswa sekolah menengah kejuruan melaporkan beredarnya kunci jawaban UN di sekolahnya. Siswa salah satu SMK di Ciputat, Tangerang, Banten ini, membawa bukti kunci jawaban yang beredar. Ia juga melaporkan lemahnya pengawasan UN. Buktinya, tas dan telepon genggam bisa tetap dibawa saat siswa mengerjakan soal.

Laporan adanya oknum yang memperjualbelikan kunci jawaban UN seharga Rp 15 juta juga masuk dari masyarakat ke Dewan Pendidikan Jombang. Sejumlah lembaga pun mendesak pihak berwenang segera membentuk tim investigasi terkait kasus ini.

"Kalau memang ternyata bisa dicari dan ditangkap tentu kita harapkan pihak kepolisian melakukan tindakan semestinya," ujar Ketua Dewan Pendidikan Jombang Junaedi.

Untuk mencegah kecurangan pelaksanaan UN, sejumlah SMA di Sleman memasang kamera pengawas di seluruh ruang ujian. CCTV tersebut dihubungkan dengan sebuah monitor di ruang guru dan diawasi sepanjang pelaksanaan ujian.(ASW/YUS)
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.