Sukses

Bocoran Soal UN Dijual Mulai Rp 4 Juta

Dewan Pendidikan Kabupaten Jombang, Jawa Timur, menemukan praktik jual-beli lembar jawaban soal ujian. Praktik ini melibatkan sejumlah siswa dengan upah jutaan rupiah.

Liputan6.com, Jakarta: Dewan Pendidikan Kabupaten Jombang, Jawa Timur, menemukan praktik jual-beli lembar jawaban soal ujian. Praktik ini melibatkan sejumlah siswa dengan upah jutaan rupiah.

Praktik jual-beli kunci jawaban soal ujian jelang UN ini di temukan pihak Dewan Pendidikan Kabupaten Jombang, Senin (16/4).

Dari hasil investigasi dan pengakuan salah seorang siswa, jual beli soal ujian ini dilakukan langsung dengan siswa dan disinyalir melibatkan beberapa sekolah di Jombang. Dalam parktiknya, para siswa mendapatkan kunci jawaban melalui SMS. Satu paket kunci jawaban mata pelajaran dihargai Rp 4 juta hingga Rp 7,5 juta.

Anton, salah seorang siswa mengaku membeli kunci jawaban tersebut seharga Rp 4 juta untuk mata pelajaran IPA. Kunci tersebut dibeli dengan cara iuran bersama beberapa teman sekelas, dari seseorang yang mengaku berasal dari sebuah percetakan.

Ada pun pihak Dikbud membantah terjadinya kebocoran soal Ujian Nasional (UN). Pasalnya, soal UN sudah dikawal dari Dinas Pendidkan Jawa Timur hingga ke Mapolres Jombang. "Jadi kita nggak bisa kroscek soal nggak bisa. Sampai besok baru kita bisa buka," kata Kepala Dinas Jombang, Muntolib.

Praktik jual beli tersebut juga masih dalam tahap penyelidikan dan belum dipastikan kebenarannya. Polisi segera menyelidiki kasus tersebut. "Ini jangan percaya dan jangan menjadi korban jadi penipuna. Ini modus penipuan, ini oknum yang jelas-jelas ingin memanfaatkan situasi yang menyesatkan," ujar AKP Sugeng Widodo, Kasubag Humas Polres Jombang.(MEL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini