Sukses

Di Usia Senja, Pak Raden Terus Berkarya

Drs. Suyadi atau Pak Raden yang juga ikut berperan dalam cerita Si Unyil hingga kini masih terus mengukir karya seni. Hidup dalam suasana yang memprihatinkan dengan kondisi sakit-sakitan tak mengurungkan niat Pak Raden untuk terus mengukir karya.

Liputan6.com, Jakarta: Drs Suyadi atau Pak Raden yang juga ikut berperan dalam cerita Si Unyil hingga kini masih terus mengukir karya seni.

Hidup dalam suasana yang memprihatinkan dengan kondisi sakit-sakitan tak mengurungkan niatnya  untuk terus mengukir karya,  baik di selembar kanvas maupun melalui cerita dongeng anak lain.

Usianya tak lagi muda. Lahir di Jember, Jawa Timur, 80 tahun silam, Pak Raden kini hanya tinggal berdua dengan seorang pembantu di rumah sederhananya di Jalan Petamburan III, Jakarta Pusat.

Kondisi ekonomi yang tak lagi mencukupi membuat Pak Raden harus terus berjuang. Menggoreskan kuas di kanvas dan mendongeng menjadi andalannya untuk hidup sehari-hari dan biaya ke dokter.

Hidup prihatin di usia tua, Pak Raden kini juga harus berjuang medapatkan hak paten Si Unyil, boneka lucu yang dibuatnya puluhan tahun silam. Perjalanan hidupnya belakangan mengundang simpati masyarakat. Mulai artis Bondan Prakoso hingga calon Gubernur DKI Jakarta memberikan bantuan.

Pak Raden dan Unyil-nya telah menjadi legenda perfilman di Tanah Air. Tentu patut karyanya dihargai bangsa. (YUS)
 
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.