Sukses

Ratusan Rumah di Baleendah Masih Terendam

Ratusan rumah di Kecamatan Baleendah. Kabupaten Bandung, masih terendam banjir akibat luapan Sungai Citarum. Sejumlah warga pun resah akibat air tidak kunjung surut dan berbagai penyakit pascabanjir mulai menyerang.

Liputan6.com, Bandung: Hampir dua pekan lebih, ratusan rumah di Kecamatan Baleendah dan Kecamatan Dayeuh Kolot, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, terendam banjir luapan Sungai Citarum. Curah hujan yang masih tinggi mengakibatkan air tak kunjung surut, sedangkan ketinggian air hingga Selasa (10/4), mencapai satu meter.

Banjir terparah terjadi di Kampung Cieunteung dan Desa Andir yang sampai sekarang masih merendam banyak rumah warga. Aktivitas warga pun hanya tergantung dengan perahu.

Hingga kini masih belum ada bantuan dari Pemerintah Kabupaten Bandung. Bahkan, sejumlah warga yang tinggal di pengungsian hanya bisa pasrah dan mulai terserang berbagai penyakit pascabanjir, seperti gatal, flu, dan batuk.

Gedung Sekolah Dasar Negeri 7 dan SDN 9 Kecamatan Dayeuh Kolot turut terendam banjir luapan Sungai Citarum. Akibat banjir kegiatan belajar-mengajar pun terganggu. Separuh waktu belajar bahkan terpakai untuk bergotong royong membersihkan sampah dan lumpur yang masuk ke ruang kelas.

Pihak sekolah terpaksa meliburkan siswa kelas satu hingga kelas tiga yang berjumlah sekitar 150 orang. Ini mengingat ruang kelas terendam. Sedangkan murid kelas empat, lima, dan enam tetap belajar.(ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.