Sukses

Jepang Pasang Rudal Tangkal Roket Korut

Kementrian Pertahanan Jepang menyatakan telah memasang rudal Patriot di pusat kota Tokyo yang diperkirakan sebagai jalur peluncuran roket Korea Utara.

Liputan6.com, Tokyo: Jepang sangat mewaspadai roket Korea Utara yang bakal diluncurkan diantara 12 dan 16 April mendatang. Seperti dilansir AFP, Senin (9/4), negeri matahari terbit itu telah mempersiapkan rudal dan kapal perusak untuk menghadang roket Korea Utara jika masuk ke wilayahnya. Perdana Menteri Jepang Yoshihiko Noda, dikabarkan setuju dengan hal tersebut.

Kementrian Pertahanan Jepang menyatakan telah memasang rudal Patriot di pusat kota Tokyo dan dua titik lainnya. Selain itu, Jepang  juga telah mengirimkan tiga kapal perusak Aegis yang membawa misil ke Laut Cina Selatan dan ke Kepulauan Okinawa yang diperkirakan sebagai jalur peluncuran roket Korea Utara.

Peluncuran roket Korut terus menuai kecaman dari berbagai negara. Amerika Serikat dan Korea Selatan mengklaim peluncuran tersebut sebagai uji coba rudal dan merupakan pelanggaran terhadap resolusi Dewan Keamanan PBB. Bahkan, Cina sebagai aliansi utama Korut pun menyerukan untuk menghentikan rencana tersebut.

Sementara itu, Korut berdalih peluncuran roket satelitnya itu hanya bertujuan untuk penelitian ilmiah sekaligus memperingati ulang tahun ke-100 pendiri Korea Utara Kim Il-Sung yang jatuh pada 15 April mendatang.

Selain bagi Jepang, roket Korut rupanya bakal berdampak pada Indonesia, Australia dan Filipina. Dalam sebuah pesannya kepada Menteri Luar Negeri Australia, Bob Carr, Asisten Menteri Luar Negeri Amerika Serikat untuk Asia Timur dan Pasifik, Kurt Campbell menyatakan bahwa ketiga negara tersebut akan terkena dampak peluncuran roket Korut mengingat roket akan melalui wilayah Samudra Pasifik.(ARI)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.