Sukses

Harga Sembako Enggan Turun

Harga BBM memang tidak jadi naik, tapi harga sejumlah kebutuhan pokok di berbagai daerah sudah terlanjur naik. Misalnya saja di Pasar Badung, Denpasar, Bali.

Liputan6.com, Denpasar: Harga bahan bakar minyak (BBM) memang tidak jadi naik, tapi harga sejumlah kebutuhan pokok di berbagai daerah sudah terlanjur naik. Misalnya saja di Pasar Badung, Denpasar, Bali, Senin (2/4).

Pantauan SCTV, harga bawang merah, bawang putih, cabai, hingga tomat, mengalami kenaikan Tomat, misalnya, yang biasanya dijual Rp 3 ribu menjadi Rp 7 ribu per kilogram. Sejumlah konsumen, seperti Siti Isquiriah mengeluhkan situasi itu.

Demikian pula di Serang, Banten. Harga sayuran dan sembako yang sudah terlanjur naik tidak kembali turun, meski harga BBM tidak jadi naik. Harga cabe merah masih berkisar Rp 45 ribu naik, padahal sebelumnya Rp 20 ribu per kilogram. Sedangkan harga bawang merah Rp 18 ribu dan sebelumnya Rp 15 ribu per kilogram.

Di Pasar Palmerah, Jakarta Barat, kenaikan harga kebutuhan pokok masih berkisar Rp 500 hingga Rp 1.000. Untuk beras IR 64 kualitas sedang misalnya, dari Rp 7 ribu naik menjadi Rp 7.500. Beras IR 64 kualitas tinggi juga naik dari Rp 8.500 menjadi Rp 9.000.

Gula pasir juga mengalami kenaikan dari Rp 11 ribu menjadi Rp 12 ribu. Sedangkan minyak goreng curah dari Rp 11 ribu menjadi Rp 12 ribu. Harga daging juga relatif masih tinggi, yakni berkisar Rp 72 ribu.

Sedangkan yang turun harganya hanya telur dari Rp 16.500 menjadi Rp 16.000. Namun pedagang memperkirakan, telur juga akan mengalami kenaikan.(ADI/SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini