Sukses

Mahasiswa Pendemo Langsung Dipulangkan ke Daerah

Sebanyak 50 mahasiswa yang tergabung dalam Konsolidasi Nasional Mahasiswa Indonesia (Konami) siap dipulangkan ke daerah masing-masing.

Liputan6.com, Jakarta: Sebanyak 50 mahasiswa yang tergabung dalam Konsolidasi Nasional Mahasiswa Indonesia (Konami) yang telah dibebaskan siap dipulangkan ke daerah masing-masing.

"Hari ini, 50 mahasiswa yang ditahan akan keluar dan akan didampingi berbarengan pulangnya, langsung akan kami pulangkan ke daerahnya masing-masing. Ada yang dari Jambi, Madura, Kendari, Samarinda, dan sebagainya," ujar Koordinator Tim Advokasi Mahasiswa dan Rakyat Bambang Sri Pujo Sakti kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (2/4).

Untuk dua mahasiswa yang diduga kuat sebagai tersangka penggulingan dan pembakaran mobil Resmob masih ditahan. Mereka akan didampingi advokasi hingga proses persidangan.

"Dua orang lagi yang dianggap terbukti melakukan tindak pidana masih ditahan. Kami akan mendalami bukti-bukti yang ada dan akan kita dampingi terus di pengadilan. Kalau terbukti ya kita buktikan di pengadilan, kalau tidak ya kami minta dibebaskan," jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Bambang juga menyampaikan ucapkan terima kasih kepada Kapolda Metro Jaya yang sudah memberikan penangguhan atau pembesan kepada 50 mahasiswa yang tidak terbukti bersalah.

"Hari ini akan dibebaskan melalui kebijakan Kapolda. Karena tidak terbukti melakukan tindak pidana. Jadi sekali lagi kami berterimakasih kepada Kapolda atas kebijakanya melepaksan rekan-rekan kami yang memang ingin kembali kuliah," imbuhnya.

Polda Metro Jaya akan membebaskan 50 dari 53 mahasiswa Konami yang ditangkap beberapa hari lalu. Namun begitu, kasus mereka akan tetap diproses dan dikenakan wajib lapor.(APY/ULF)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini