Sukses

Puting Beliung Mengamuk, Rumah Tertimpa Pohon

Angin puting beliung kembali memakan korban. Sejumlah pohon di Kabupaten Bantul, DIY, tumbang menimpa rumah. Sementara di Takalar, Sulsel, belasan rumah roboh tersapu angin.

Liputan6.com, Bantul: Hujan deras disertai angin kencang kembali terjadi di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Selasa (20/3). Sejumlah pohon tumbang, salah satunya menimpa rumah warga di Desa Girirejo, Kecamatan Imogiri. Regu penolong dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah sempat kesulitan mengevakuasi karena pohon melintang di atap rumah.

Setelah berjuang hampir dua jam, petugas akhirnya berhasil mengevakuasi pohon dengan cara dipotong-potong pendek. Petugas pun menggunakan tambang agar batang pohon tidak jatuh menimpa atap rumah.

Hujan deras disertai angin kencang menurut prediksi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG akan terjadi hingga tiga hari ke depan. Menurut BMKG, hujan disertai angin kencang ini terjadi akibat adanya bibit badai tropis di sepanjang Laut Jawa dan Laut Arafuru.

Sementara di Sulawesi Selatan, sedikitnya empat belas buah rumah kayu yang berada di Desa Moncongkomba, Kabupaten Takalar, porak-poranda dihantam angin puting beliung. Terjangan puting beliung yang tiba-tiba ini membuat atap-atap rumah dan dinding rumah beterbangan sehingga menimpa rumah lainnya.

Meskipun kerusakannya parah, tak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Sementara, warga yang rumahnya rusak parah harus mengungsi ke rumah saudara ataupun kerabat.(ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.