Sukses

Cina Naikkan Harga Jual BBM 2 Kali dalam 6 Minggu

Melambatnya inflasi di Cina dimanfaatkan oleh pemerintah Cina untuk menaikkan harga jual BBM dalam negeri

Liputan6.com, Jakarta: Melambatnya inflasi di Cina dimanfaatkan oleh pemerintah Cina untuk menaikkan harga jual BBM dalam negeri (20/03). Negara konsumen BBM terbesar setelah AS ini meningkatkan harga jual bensin dan diesel untuk dua kali dalam jangka waktu kurang dari enam minggu setelah harga minyak mentah mengalami kenaikan terbesar dalam tahun ini.

Harga jual BBM dibaiknya 600 yuan (95 dolar) per metric ton mulai kemarin. Harga jual eceran bensin akan mengalami kenaikan sebesar 6.6% dan diesel akan mengalami peningkatan harga jual eceran sebesar 7.2%. Otoritas China menyatakan bahwa kenaikan harga jual BBM dalam negeri ini harus dilakukan guna mempertahankan kondisi pasokan di tengah naiknya harga minyak dunia.

Sementara itu perusahaan-perusahaan pengolah BBM di Cina seperti China Petroleum & Chemical, Sinopec  dan Petro China telah mendorong pemerintah Cina untuk menaikkan harga jual dalam negeri guna memperkecil kerugian. Setelah tahun lalu pemerintah Cina melakukan kontrol tariff guna memperlambat inflasi, pemerintah Cina saat ini memiliki ruang yang cukup bebas untuk melakukan manufer peningkatan harga setelah inflasi mengalami perlambatan hingga mencapai level terendah dalam 20 bulan belakangan. (http://www.vibiznews.com/ARI)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.