Sukses

Banjir Rob Rusak Ratusan Rumah

Sekitar 130 rumah di Bulukumba, Sulsel, terancam hilang akibat abrasi air laut. Puluhan rumah rusak parah akibat hantaman ombak.

Liputan6.com, Bulukamba: Sekitar 130 rumah di Kelurahan Ela Ela, Bulukumba, Sulawesi Selatan, Kamis (15/3), terancam hilang akibat abrasi air laut. Sejauh ini, puluhan rumah rusak parah akibat hantaman ombak.

Beberapa hari terakhir, gelombang laut setinggi hingga empat setengah meter menerjang kawasan itu. Warga berupaya menahan air dengan batu dan pasir, namun usaha itu tidak berhasil.

Di Ponorogo, Jawa Timur, terjangan banjir menyebabkan turab sungai sepanjang 20 meter di Desa Slahung, ambrol. Akibatnya, 12 unit rumah di atasnya terancam ambruk.

Untuk mencegah kerusakan meluas, warga memasang penahan berupa karung berisi pasir di sepanjang turab yang ambrol. Namun itu tak mampu mengusir kekhawatiran mereka.

Warga berharap pemerintah segera memperbaiki tanggul sungai yang rusak, sehingga kerusakan tanah tidak meluas. Perbaikan tanggul harus secepatnya dilakukan, mengingat curah hujan yang masih tinggi.(ASW/SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.