Sukses

Pengedar <EM>Online</EM> Sasar Anak Muda

Modus peredaran narkoba melalui media online mulai meresahkan. Umumnya, generasi muda menjadi sasaran utama karena mayoritas pengguna Internet berusia remaja.

Liputan6.com, Tangerang: Modus peredaran narkoba melalui media online mulai meresahkan. Umumnya, generasi muda yang menjadi sasaran utama lantaran mayoritas pengguna Internet berusia remaja. Sebagai contoh adalah kasus yang menyeret anak angkat Wakil Gubernur Banten Rano Karno, Raka Widyarma. 

Raka adalah satu dari ratusan orang yang terjerat narkoba. Di usianya yang baru 20 tahun, masa depan Raka menjadi taruhan. Itu semua akibat jeratan si barang haram. Tak cuma Raka, artis-artis muda juga masuk ke dalam jeratan. Sebut saja artis Sheila Marcia, pesinetron Revaldo, Sammy Simorangkir, dan Andhika Kangen Band.

Anak muda memang menjadi sasaran empuk para pengedar narkoba. Secara gerilya, para belia dihasut. Modusnya, belanja lewat internet atau biasa disebut online shoping seperti yang dilakukan Raka Widyarma.

Data International Narcotics Control Board menyebutkan, belanja narkoba via online terbesar saat ini dipegang India, lalu Amerika Serikat, dan ketiga Cina. Sebagai salah satu negara dengan jumlah penduduk besar, Indonesia sudah sepatutnya waspada. Untuk itu, perlu dibangun komunikasi yang baik dengan orangtua dan guru. (BJK/YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.