Sukses

Dirgantara Indonesia Serahkan Pesawat ke Korsel

Menurut Direktur PT Dirgantara Indonesia Budi Santoso, dengan penyerahan Pesawat CN 235 yang keempat berarti sudah 12 pesawat yang dibeli Pemerintah Korsel.

Liputan6.com, Bandung: PT Dirgantara Indonesia menyerahkan pesawat CN 235 yang dipesan Maritim Patrol Aircraf Korea Selatan, Jumat (9/3). Pesawat versi Korea Coast Guard ini merupakan pesawat keempat atau pesawat terkhir pesanan Korsel dengan nilai kontrak sebesar US$ 94,5.

Penyerahan pesawat buatan PT Dirgantara Indonesia akan dilakukan di Korsel. Penerbangan pesawat dari Bandung, Jawa barat, menuju Gimpo, Korsel, membutuhkan waktu tiga hari dua malam.

Rute perjalanannya dari Bandung menuju Tarakan, kemudian menuju Clark, Filipina. Selanjutnya ke Taipe, Taiwan, baru ke Gimpo. Pesawat dikemudikan oleh pilot Captain Adi Budi Atmoko dan Co Pilot Captain Ester Gayatri Saleh.

Menurut Direktur PT Dirgantara Indonesia Budi Santoso, dengan penyerahan Pesawat CN 235 yang keempat berarti sudah 12 pesawat yang dibeli Pemerintah Korsel.

Pesawat CN 235 KCG ditenagai sepasang engine CT 7-9C dengan masing-masing berkekuatan 1.750 daya kuda. Dilengkapi dengan search radar, flir, IFF inetrgartor, tactical navigation, tactical computer system, camera, bubble window, dan fasilitas lain.

Penandatanganan kontrak pembelian empat unit pesawat CN 235 dilakukan di Korsel, Desember 2008. Pesawat pertama dan kedua telah diserahkan Mei 2011 dan pesawat ketiga bulan Desember 2011.(ULF)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.