Sukses

Demo Tolak Kenaikan Harga BBM Meluas

Aksi unjuk rasa menolak rencana pemerintah menaikkan harga BBM meluas di beberapa daerah. Di Bogor aksi unjuk rasa dilakukan dengan cara mengubur diri, sementara di Jakarta demonstran protes di depan Istana Negara.

Liputan6.com, Jakarta: Aksi unjuk rasa menolak rencana pemerintah menaikkan harga BBM meluas di beberapa daerah. Di Bogor Jawa Barat, aksi demonstrasi dilakukan ratusan warga SUTET atau saluran udara tegangan ekstratinggi sekabupaten Bogor. Aksi tersebut dilakukan dengan cara mengubur diri secara massal selama sekitar lima jam. Seorang warga sempat mengalami pingsan saat melakukan aksi tersebut sehingga polisi meminta agar cara seperti itu dihentikan karena membahayakan keselamatan diri. 

Sementara itu di Jakarta, forum masyarakat miskin menggelar demonstrasi di depan Istana Negara. Selain melakukan orasi, para pengunjuk rasa juga menggelar spanduk berisi penolakan rencana kenaikan harga BBM.

Presiden Yudhoyono sendiri bisa memahami berbagai aksi yang dilakukan oleh sebagian kelompok masyarakat tersebut. Namun presiden berharap agar aksi unjuk rasa dilakukan dengan damai dan tidak anarkis.

Saat ini DPR dan pemerintah sedang menggodok besaran nilai kenaikan BBM premium dan solar. Pemerintah mengajukan angka Rp 6.000 per liter untuk premium dan solar. Keputusan pemerintah untuk menaikkan harga BBM berkaitan dengan membengkaknya beban subsidi yang disebabkan oleh lonjakan harga minyak mentah dunia. (Vin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini