Sukses

Harga Bahan Pokok di Jakarta Mulai Naik

Pemerintah memprediksi kenaikan harga BBM dan tarif dasar listrik yang akan segera diberlakukan tak akan berpengaruh besar terhadap kenaikan harga bahan pangan di masyarakat. Namun, di Jakarta harga kebutuhan sehari-hari sudah mulai naik.

Liputan6.com, Jakarta: Belum juga harga bahan bakar minyak (BBM) naik, harga sebagian bahan pangan, seperti gula dan minyak goreng curah mengalami kenaikan 10 hingga 15 persen. Minyak goreng curah yang biasanya dijual Rp 9.000 per liter, Rabu (7/3), naik jadi Rp 10 ribu.

Begitu pula harga gula pasir naik dari Rp 9.000 menjadi Rp 10.500 per kilogramnya. Itu pun harga gula diperkirakan masih akan naik lagi saat kenaikan harga BBM benar-benar terjadi.

Meski mulai terjadi kenaikan harga, pemerintah menjamin hal tersebut tak akan terlalu tinggi. Apalagi akan ada kompensasi berupa bantuan langsung sementara yang akan menaikkan daya beli.

Pemerintah menghitung dengan kenaikan harga BBM Rp 1.500 per liter atau sekitar 33 persen, kenaikan harga bahan pangan dan kebutuhan sehari hari tidak akan lebih dari 15 persen.(IAN)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.