Sukses

Pedagang Pasar Godean Protes Mini Market

Ratusan pedagang Pasar Godean, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, berunjuk rasa di kantor DPRD setempat. Mereka memprotes maraknya mini market di sekitar pasar.

Liputan6.com, Sleman: Ratusan pedagang Pasar Godean yang tergabung dalam Paguyuban Pedagang Pasar Godean, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, berunjuk rasa di kantor DPRD setempat, Selasa (6/3). Mereka memprotes maraknya mini market di sekitar pasar, hingga mengakibatkan jumlah pembeli di pasar tradisional menurun drastis.

Menurut para pedagang, omset penjualan para pedagang, khususnya lapak bagian dalam, menurun drastis. Bahkan, tidak jarang dagangan mereka tidak bisa laku satu pun. Padahal, mereka tetap dibebani membayar restribusi. 

Berdasarkan Peraturan Bupati Nomor 45 Tahun 2010, pasar modern atau mini market ditetapkan minimal berjarak 500 meter dari pasar tradisional. Kenyataannya, dua mini market berjaringan berdiri sekitar 50 meter dari Pasar
Godean.

Para pedagang juga menuntut penataan ulang kawasan Pasar Godean, karena selama ini banyak pedagang liar yang berjualan di tepi jalan dan luar pasar. Menurut mereka, hal ini merugikan pedagang di bagian dalam.

Mereka juga menolak rencana kenaikan restribusi, karena dianggap akan makin memberatkan kehidupan para pedagang. Mereka mengancam, jika tuntutan dalam aksi itu tidak dipenuhi, mereka tidak akan membayar restribusi.(SHA)



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.