Sukses

Aktivitas Tambang Bauksit Masih Lumpuh

Aktivitas penambangan bauksit milik PT Gunung Kuarsa Mandiri di Air Raja, Kepulauan Riau, masih lumpuh total. Perusahaan berjanji akan membayar dana kompensasi sosial yang menunggak tiga bulan untuk 200 kepala keluarga.

Liputan6.com, Tanjungpinang: Aktivitas penambangan bauksit milik PT Gunung Kuarsa Mandiri di Kelurahan Air Raja, Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Selasa (6/3), masih lumpuh total. Ini akibat adanya aksi warga yang menagih kompensasi sosial. Mereka mengaku kompensasi itu sudah tiga bulan tidak dibayarkan perusahaan.

Biasanya, warga menerima dana dari perusahaan tersebut sebesar Rp 350 ribu per kepala keluarga. Uang itu sebagai kompensasi atas dampak yang ditimbulkan akibat aktivitas penambangan. Pihak perusahaan berjanji akan membayar dana kompensasi sosial yang menunggak tiga bulan untuk 200 kepala keluarga pada Rabu besok.

Senin kemarin, puluhan warga Kelurahan Air Raja, Tanjungpinang, mendatangi lokasi tambang. Warga sempat bersitegang dengan seorang warga yang ditunjuk perusahaan untuk mengawasi jalannya aktivitas tambang.

Warga juga menutup jalan dan melarang sejumlah truk pengangkut bahan galian milik perusahan tambang itu beroperasi. Warga juga sempat menyandera alat berat.(APY/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini