Sukses

Berebut Hasil Bumi di Festival Dongdang

Ribuan orang dari berbagai pelosok datang untuk menyaksikan Festival Dongdang di Kabupaten Bogor. Dongdang berarti tempat membawa makanan atau barang hantaran saat pesta atau peristiwa istimewa.

Liputan6.com, Bogor: Ribuan orang dari berbagai pelosok datang untuk menyaksikan Festival Dongdang di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (3/3). Pesta rakyat ini digelar di lapangan kompleks Pemkab di Cibinong, Bogor. Dongdang adalah istilah Sunda yang berarti tempat membawa makanan atau barang hantaran saat pesta atau peristiwa istimewa.

Kali ini hadir 2012 buah dongdang yang disediakan oleh berbagai komunitas di Bogor. Menampilkan berbagai hasil bumi yang dikemas unik sesuai budaya setempat. Isi dongdang umumnya buah-buahan, sayur-sayuran, dan jajanan pasar untuk melambangkan kesuburan dan kemakmuran.

Sayang, di tengah prosesi, masyarakat yang tidak sabar rupanya tergerak untuk menyerbu dan berebut dongdang.

Ini adalah tahun ketiga Festival Dongdang diselenggarakan. Festival ini direncanakan diselenggarakan rutin sebagai acara tahunan di Kabupaten Bogor.(ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.