Sukses

Menteri ESDM: Kenaikan TDL Bertahap

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Jero Wacik menyatakan, kenaikan tarif dasar listrik akan dilakukan secara bertahap sepanjang 2012.

Liputan6.com, Jakarta: Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Jero Wacik menyatakan, kenaikan tarif dasar listrik akan dilakukan secara bertahap sepanjang 2012.

"Yang pasti, kenaikan TDL tidak akan berbarengan dengan kenaikan harga BBM bersubsidi," kata Jero Wacik di Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat (2/3).

Menurut Jero, pada akhir Februari lalu, pemerintah sudah menyerahkan draft APBN Perubahan 2012. Dalam draft tersebut terdapat usul kenaikan harga BBM bersubsidi dan TDL.

"Khusus untuk kenaikan TDL akan diundur penerapannya dari rencana semula pada April 2012. Sekarang masih dipertimbangkan," kata Jero.

Kenaikan TDL sebesar 10 persen, lanjut Jero, akan dilakukan secara bertahap, yakni sebanyak tiga kali sepanjang 2012. "Kami mengusulkan kepada DPR agar kenaikan TDL ini dilakukan secara bertahap, agar tidak terlalu memberatkan masyarakat," kata Jero.

Jero menambahkan pemerintah mengusulkan TDL naik sekitar tiga persen per periode selama satu tahun.

Saat ini elum ada penjelasan secara teknis mengenai kenaikan TDL karena masih menunggu keputusan DPR.(ANT/MEL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini