Sukses

Serangan Umum 1 Maret Diperingati

Ratusan warga Yogyakarta yang terdiri dari berbagai elemen mengikuti peringatan 63 tahun Serangan Umum 1 Maret 1949 di Plaza Serangan Oemoem.

Liputan6.com, Yogyakarta: Ratusan warga Yogyakarta yang terdiri dari berbagai elemen mengikuti peringatan 63 tahun Serangan Umum 1 Maret 1949 di Plaza Serangan Oemoem, Kamis (1/3). Peristiwa sejarah ini akan diusulkan menjadi hari Pahlawan Nasional bagi masyarakat Indonesia.

Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti mengatakan, peristiwa serangan umum ini merupakan bagian dari sejarah perebutan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dari tangan penjajah. Tak hanya itu, peristiwa tersebut juga menjadi bukti keberadaan dan memperkuat posisi tawar Indonesia dalam perundingan di Dewan Keamanan PBB. "Peristiwa ini merupakan titik awal kembalinya NKRI yang terjadi di Yogyakarta," kata Haryadi.

Penasihat acara sekaligus mantan Wali Kota Yogyakarta, Herry Zudianto, mendukung penuh agar peringatan Serangan Umum 1 Maret dijadikan Hari Pahlawan Nasional. "Makna sejarah Serangan Umum 1 Maret ini tidak hanya milik warga Yogyakarta, tetapi juga Indonesia. Nilai-nilai kepahlawanannya sangat penting untuk pembentukan karakter bangsa saat ini," katanya.

Acara yang diikuti ribuan pelajar, TNI, veteran, dan berbagai elemen masyarakat ini disertai dengan berbagai kegiatan. Di antaranya upacara bendera, tabur bunga di taman makam pahlawan, ziarah ke makan pahlawan, dan mubeng benteng.(NatGeo/ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.