Sukses

Pembocor Rahasia AS Dinominasikan Raih Nobel

Institut Nobel Perdamaian mengumumkan 231 calon penerima penghargaan bergengsi Nobel Perdamaian 2012. Dalam daftar nama tersebut terdapat tentara AS bernama Bradley Manning yang membocorkan dokumen rahasia ke WikiLeaks.

Liputan6.com, Oslo: Institut Nobel Perdamaian belum lama ini mengumumkan 231 calon penerima penghargaan bergengsi Nobel Perdamaian 2012. Dalam daftar nama tersebut terdapat tentara Amerika Serikat bernama Bradley Manning yang membocorkan dokumen rahasia ke WikiLeaks. Analis militer AS itu dituding membocorkan ribuan dokumen rahasia kepada situs whistle-blower tersebut. Pria itu terpaksa harus menghadapi 22 dakwaan yang diajukan terhadap dirinya.

Selain Manning, mantan Presiden Amerika Serikat Bill Clinton dan bekas Kanselir Jerman Helmut Kohl yang memimpin proses reunifikasi negaranya juga terdaftar untuk menerima hadiah bergengsi tersebut. Tak hanya itu, mantan Perdana Menteri Ukraina sekaligus pemimpin oposisi yang kini dipenjara, Yulia Tymoshenko juga masuk dalam daftar kandidat pemenang.

Seperti dilansir media Times of India, Selasa (28/2), total calon penerima nobel 2012 ini terdiri dari 188 individu dan 43 organisasi. Adapun pemenang akan diumumkan pada Oktober mendatang.

"Seperti biasanya, ada kandidat yang biasa masuk daftar, ada juga sejumlah pendatang baru. Beberapa calon ada yang terkenal dan ada juga yang tidak dikenal. Semua kandidat berasal dari empat penjuru dunia," kata Kepala Institut Nobel Geir Lundestad.(RZK/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini