Sukses

Belasan Napi WNA Kembali ke Kerobokan

Para narapidana WNA yang dievakuasi dari Lapas Kerobokan, Denpasar, Bali, kembali. Aparat keamanan mengevakuasi mereka agar tidak dijadikan sandera saat kerusuhan meletus.

Liputan6.com, Denpasar: Sebanyak 13 narapidana warga negara asing yang dievakuasi dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kerobokan, Denpasar, Bali, kembali pada Jumat (24/2) tengah malam. 

Dari 13 narapidana, terdapat sembilan napi perempuan dan empat napi pria berasal dari Australia, Filipina, Thailand, dan Afrika. Di antara para napi tersebut, salah satunya adalah terpidana seumur hidup kasus narkoba asal Australia, Scott Anthony Rush. Para narapidana ini kembali melakukan registrasi dengan pengawalan aparat keamanan.

Sejauh ini belum ada alasan pasti terkait kembalinya para narapidana warga asing ini ke Lapas Kerobokan. Sempat beredar kabar, para narapidana ini tidak cocok dengan lokasi baru. Sejauh ini belum ada keterangan resmi dari pihak Lapas Kerobokan.

Narapidana warga asing yang kembali ke Lapas Kerobokan adalah bagian dari 30 napi yang kemarin dievakuasi dengan mengerahkan aparat kepolisian.

Sementara evakuasi dilakukan demi mencegah narapidana WNA dijadikan sandera oleh napi lain. Dari 60 tahanan berkewarganegaraan asing yang berada di Lapas Kerobokan, sebanyak 20 di antaranya warga Australia. Menteri Hukum dan HAM Amir Syamsuddin yang kemarin datang ke lapas tersebut membantah anggapan bahwa evakuasi warga asing sebagai bentuk tekanan kepada Indonesia.

Rencananya hari ini akan kembali dilakukan proses evakuasi terhadap sejumlah narapidana dari LP Kerobokan Denpasar.(BJK/YUS)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini