Sukses

Evakuasi Tahanan Asing di Kerobokan Gagal Dilakukan

Aparat belum berhasil mengevakuasi 60 tahanan warga negara asing dari LP Kerobokan. Dari 60 tahanan berkewarganegaraan asing, sebanyak 20 di antaranya warga Australia.

Liputan6.com, Denpasar: Aparat gabungan belum berhasil mengevakuasi 60 tahanan warga negara asing dari Lembaga Pemasyarakatan Kerobokan, Denpasar, Bali, Kamis (23/2). Dari 60 tahanan berkewarganegaraan asing, sebanyak 20 di antaranya warga Australia.

Aparat berusaha mengevakuasi tahanan asing untuk mencegah mereka dijadikan sandera oleh napi lainnya. Tapi Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Amir Syamsuddin menolak menyebutkan evakuasi puluhan tahanan asing sebagai bentuk tekanan kepada Indonesia.

Pascarusuh di dalam LP Kerobokan, situasi masih mencekam. Ratusan aparat masih berjaga-jaga di sekitar lapas. Amir Syamsuddin dan Kapolda Bali Irjen Polisi Totoy Indrawan sejak pagi ada di lapas. Hingga keduanya meninggalkan lapas, evakuasi gagal dilakukan.

Rabu pagi, ratusan aparat keamanan menyeru masuk ke lapas untuk meminta para napi kembali ke dalam sel masing-masing. Namun para napi berusaha bertahan hingga sempat bentrok dan mengakibatkan tiga napi terluka dan dilarikan ke rumah sakit.

Evakuasi napi kini menjadi prioritas karena di dalam lapas sudah sangat tidak konsusif. LP Kerobokan yang berkapasitas 300 orang itu kini diisi lebih dari seribu orang. Sebanyak 60 orang di antaranya warga asing dan 11 tahanan anak-anak dan ratusan napi wanita.(JUM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini