Sukses

Status Galunggung Ditingkatkan Jadi Waspada

Sejak Desember lalu aktivitas Gunung Galunggung di Tasikmalaya, Jabar, makin meningkat dengan ditandai gempa tektonik dan vulkanik serta perubahan suhu air kawah. Status Galunggung kini telah ditingkatkan dari normal mejadi waspada.

Liputan6.com, Tasikmalaya: Aktivitas Gunung Galunggung di Tasimalaya, Jawa Barat, makin meningkat. Peningkatan aktivitas Galunggung sudah terdeteksi sejak Desember lalu.

Aktivitas gunung api ini antara lain terlihat dari adanya peningkatan gempa tektonik, perubahan suhu air kawah, serta adanya perubahan warna air kawah. Air kawah yang biasanya berwarna hijau jernih, kini berubah menjadi kuning pekat. Bahkan saat dilakukan pengukuran terhadap suhu air kawah ternyata ada peningkatan dari 13 derajat menjadi 40 derajat Celcius.

Dari indikasi tersebut, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi menetapkan status Gunung Galunggung meningkat dari normal menjadi waspada. Gunung Galunggung terakhir meletus 1982 silam.(IAN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini