Sukses

Pohon-pohon di Jakarta Diperiksa

Pohon-pohon tua yang tumbuh di Jakarta kembali diperiksa Tim Dinas Pertamanan DKI Jakarta. Pemeriksaan dilaksanakan untuk mengetahui ketahanan pohon-pohon di ibukota menghadapi kemungkinan turunnya hujan lebat dan angin kencang dalam waktu dekat.

Liputan6.com, Jakarta: Pohon-pohon tua yang tumbuh di Jakarta kembali diperiksa Tim Dinas Pertamanan DKI Jakarta. Pemeriksaan dilaksanakan untuk mengetahui ketahanan pohon-pohon di ibukota menghadapi kemungkinan turunnya hujan lebat dan angin kencang dalam waktu dekat.

Pemeriksaan pohon, Kamis (2/2) dimulai dari depan Balai Kota DKI Jakarta. Tim Dinas Pertamanan DKI Jakarta bekerja sama dengan ahli kehutanan Institut Pertanian Bogor dengan menerapkan sejumlah prosedur untuk menentukan kekuatan pohon-pohon di ibukota.

Peralatan ultrasonik yang digunakan mampu menunjukkan kekuatan pohon tanpa merusak batang pohon.

"Jadi pada prinsipnya seluruh alat untuk mengevaluasi pohon, umumnya berbasis gelombang suara," kata Ahli Kehutanan IPB, Lina Karlinasari.

Pemeriksaan digelar terutama untuk menentukan pohon-pohon mana saja yang masih bisa dipertahankan dan pohon-pohon mana saja yang sudah layak ditebang.

"Dari situ bisa kita hasilkan angka-angka yang signifikan untuk menentukan sejauh mana pohon itu keropos sehingga kita bisa melakukan tindakan," jelas Kepala Dinas Pertamanan DKI Jakarta, Catharina Suryowati.

Prosedur seperti ini juga diterapkan pada pohon-pohon lain, di titik-titik strategis di Jakarta. Untuk hari ini, pemeriksaan juga dilakukan di Jalan Pattimura dan Teuku Umar. Memasuki tahun 2012, sudah lebih dari 150 pohon ditebang Dinas Pertamanan DKI, mencegah pohon-pohon tersebut tumbang di saat datang angin kencang.(MEL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.