Sukses

Dibersihkan, Situs Benteng Pendem

Sekelompok pemuda melakukan aksi pembersihan situs Benteng Pendem di Purworejo, Jawa Tengah. Mereka berharap, upaya itu bisa menjadi inspirasi bagi warga lain untuk memelihara situs itu.

Liputan6.com, Purworejo: Sekelompok pemuda melakukan aksi pembersihan situs Benteng Pendem di Purworejo, Jawa Tengah, Ahad (29/1). Mereka berharap, upaya itu bisa menjadi inspirasi bagi warga lain untuk memelihara situs itu, agar tidak punah tergerus zaman.

Benteng Pendem merupakan situs peninggalan Jepang yang  terletak di atas bukit. Ketika berada di tempat itu, para pengunjung bisa menyaksikan keindahan Kota Purworejo dan sekitarnya.

Benteng itu sengaja dibangun penjajah Jepang di atas bukit. Alasannya, agar mereka bisa mengintai musuh, baik dari darat, laut, maupun udara. Selain benteng, pengunjung juga bisa menemukan ruangan bawah tanah yang dulu dijadikan sel tahanan dan penyimpanan senjata.

Belakangan, situs bersejarah itu kondisinya memprihatinkan. Rerumputan menutupi benteng, hingga situs itu tak nampak lagi seperti benteng. Hal itu yang menggerakan para pemuda itu, untuk untuk melakukan aksi bersih-bersih. Mereka juga mengganti plang petunjuk lokasi wisata.(SHA)



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.