Sukses

Diangkut Pesawat, Harga Jual Sayuran Meroket

Tingginya gelombang di Laut Jawa membuat harga sayuran di Palangkaraya naik tajam. Maklum, sayur dari Surabaya diangkut menggunakan pesawat.

Liputan6.com, Palangkaraya: Harga sayuran di Palangkaraya, Kalimantan Tengah, menyundul langit. Kenaikan harga lebih dari 100 persen. Harga sayuran yang semula Rp 8.000 kini mencapai Rp 20 ribu per kilogramnya. Demikian pantauan tim SCTV, Jumat (13/1).

Meroketnya harga sayuran disebabkan cuaca buruk. Tingginya gelombang di Laut Jawa membuat kapal tidak berani untuk berlayar. Sayur seperti kol, wortel, dan kentang didatangkan dengan pesawat terbang. Alhasil, ongkos kirim naik berlipat lipat.

Kondisi ini sangat dikeluhkan pedagang. Menurut mereka semakin mahalnya harga jual, jumlah pembeli menyusut sehingga keuntungan juga kecil. Kondisi ini diperparah ikut naiknya harga sayur lokal. Ibu rumah tangga mengeluh sehingga daya beli mereka menurun.(BJK/JUM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.