Sukses

Katulampa Status Naik Jadi Siaga Empat

Ketinggian level air Sungai Ciliwung di pintu air Bendung Katulampa di Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor, Jawa Barat, Jumat (13/1) pagi meningkat akibat hujan sejak pagi.

Liputan6.com, Bogor: Ketinggian level air Sungai Ciliwung di pintu air Bendung Katulampa di Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor, Jawa Barat, Jumat (13/1) pagi meningkat akibat hujan sejak pagi.

"Ketinggian air naik jam 09.00 WIB, setinggi 60 cm. Kita naikkan status jadi siaga empat," kata Kepala Penjaga Bendung Katulampa Andi Sudirman.

Andi mengatakan sebelumnya pukul 08.40 WIB, ketinggian air Ciliwung masih normal yakni 20 cm. Air berangsur-angsur naik karena hujan yang turun sejak pukul 06.00 WIB. Hujan ringan mengguyur sebagian besar wilayah Bogor termasuk Puncak. Pertambahan debit air Ciliwung karena kiriman air dari kawasan Puncak. Hingga pukul 09.00 WIB, air kiriman Puncak menambah ketinggian air menjadi 60 cm.

Hingga kini kawasan Puncak masih diguyur hujan. Menurut Andi kemungkinan ketinggian level air masih akan terus bertambah.

"Puncak masih hujan, walau tidak lebat tapi intens. Kemungkinan ada penambahan, kita akan terus memonitor. Saat ini di Taman Wisata Matahari, ketinggian air masih 60 cm," katanya. Pihaknya telah menginformasikan kenaikan ketinggian air kepada pengelola Pintu Air Depok, Manggarai, Pintu air Ciliwung dan Pemerintah DKI.

Masyarakat kini dapat mengakses kondisi ketinggian air di Katulampa melalui situs Badan Pengelola Sumber Daya Air di bpsda 06.com, atau mengirim SMS dengan cara ketik INFO spasi TM kirim ke nomor 085782517348. Secara otomatis mesin server yang terdapat di Kantor BPSDA akan segera menjawab, sesuai dengan perkembangan air di Katulampa. (ANT/Vin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini