Sukses

Esemka Banyak Peminat, Jokowi Kaget

Wali Kota Surakarta Joko Widodo tak menyangka kendaraan Kiat Esemka yang dirakit para siswa SMK di kotanya diminati banyak orang.

Liputan6.com, Solo: Wali Kota Surakarta Joko Widodo tak menyangka kendaraan Kiat Esemka yang dirakit para siswa SMK di kotanya diminati banyak orang. "Semuanya demam mobil Esemka, saya tidak mengira akan terjadi respons sedemikian luar biasa seperti ini. Sampai bingung karena pemesannya mencapai ribuan," kata Jokowi, panggilan akrab Joko Widodo.

Terbukti masyarakat Solo antusias menyaksikan dari dekat mobil Kiat Esemka yang sengaja dipamerkan di depan rumah dinas Wali Kota Surakarta di Loji Gandrung. Jokowi juga memperbolehkan warga melakukan test drive. "Saya tertarik dengan mobil ini, semuanya bagus interior dan mesinnya sudah bagus. Hanya membutuhkan peningkatan quality control saja," kata Yanto, salah satu warga yang antusias melihat mobil tersebut.

Mengenai tanggapan positif masyarakat dan permintaan produksi massal, menurut Jokowi perlu kemitraan antara semua pihak. Hal itu lantaran ilmu hingga sumber daya manusianya sudah ada. "Saat ini semuanya sudah dimiliki, hanya tinggal produksi massalnya saja yang belum dan dibutuhkan kemitraan antara pemerintah pusat, daerah, investor, serta pihak sekolah," ujarnya.

Selain itu, untuk urusan promosi, Jokowi mengemukakan butuh keterlibatan pemerintah, sekolah, investor, home industry, serta industri perakitan. "Nantinya siswa SMK diarahkan bisa menjadi pengusaha industri kecil untuk otomotif, jadi semuanya ada kemitraan. Dari daerah sudah menyiapkan Solo Tehno Park (STP), dari pusat untuk assembly line-nya, begitu juga dari investor dan sekolah," katanya.(Ant/ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini