Sukses

Pawai Budaya Peringati Yogya Kota Republik

Kepindahan ibu kota Indonesia dari Jakarta ke Yogyakarta diperingati warga Yogyakarta dengan menggelar pawai budaya. Pawai untuk mengingatkan Yogyakarta pernah jadi ibu kota negara.

Liputan6.com, Yogyakarta: Kepindahan ibu kota Indonesia dari Jakarta ke Yogyakarta pada 4 Januari 1946 diperingati warga Yogyakarta dengan menggelar pawai budaya, Rabu (4/1). Pawai untuk mengingatkan kalau Yogyakarta pernah jadi ibu kota negara pada masa perang kemerdekaan.

Salah satu peserta aksi memerankan mantan Presiden Soekarno. Selain untuk mengingatkan bahwa Yogyakarta adalah Kota Perjuangan, dalam orasinya Hendro Pleret yang memerankan Bung Karno ini mengajak seluruh warga Kota Gudeg untuk berani melawan ketidakadilan.

Pawai budaya yang dimulai dari Kantor DPRD Yogyakarta melintasi sepanjang Jalan Malioboro dan berakhir di halaman Benteng Vredeburg ini juga untuk mengingatkan masih banyaknya persoalan bangsa yang belum terselesaikan termasuk Rancangan Undang-undang Keistimewaan Yogyakarta.(JUM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini