Sukses

Komnas HAM: Ada Pelanggaran HAM di Sape

Ketua Komnas HAM Ifdhal Kasim mengatakan, telah terjadi pelanggaran HAM oleh polisi dalam menangani demonstrasi di Pelabuhan Sape, Bima, NTB.

Liputan6.com, Jakarta: Ketua Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Ifdhal Kasim mengatakan, telah terjadi pelanggaran HAM oleh polisi dalam menangani demonstrasi di Pelabuhan Sape, Bima, Nusa Tenggara Barat, Rabu (4/1). Tak tertutup kemungkinan polisi yang terbukti melanggar prosedur bakal dikenakan sanksi pidana.

Menurut Ifdhal, masyarakat tak mengancam polisi saat demo berlangsung. Namun, polisi menggunakan senjata api dalam membubarkan demo tersebut. "Masyarakat yang ada di pelabuhan itu tidak melakukan perlawanan," tegas Ifdhal.

Video pembubaran demo di Pelabuhan Sape dijadikan salah satu bahan investigasi Komnas HAM. Setelah mengumpulkan keterangan langsung di lapangan, tim investigasi menyimpulkan bahwa anggota Polri telah menyalahi prosedur tetap (protap) dalam menangani demo.

Hari ini, polisi memberi apresiasi atas hasil investigasi Komnas HAM. Evaluasi terhadap seluruh jajaran kepolisian di daerah menjadi salah satu rekomendasi Komnas HAM.(ASW/SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.