Sukses

Tiga Polisi Berpangkat Brigadir Jadi Tersangka

Terkait insiden berdarah di Sape, Bima, NTB, kepolisian telah menetapkan tiga anggotanya sebagai tersangka yang terbukti menganiaya warga dalam insiden itu.

Liputan6.com, Bima: Menindaklanjuti pemeriksaan internal terhadap 115 personel kepolisian dan warga Bima, Nusa Tenggara Barat, Polda NTB, Kamis (29/12), telah menetapkan tiga anggotanya sebagai tersangka. Ketiganya telah terbukti menganiaya demonstran di Pelabuhan Sape, Sabtu lalu. Akibat pebuatannya itu, ketiga polisi berpangkat brigadir tersebut, akan segera menjalani sidang disiplin dan siap untuk dipidanakan.

Di Bima, Komisi Hukum DPR, Komnas HAM dan Kontras menggelar pertemuan dengan warga Lambu di sebuah masjid di Desa Rato. Ketiga lembaga itu berjanji akan memfasilitasi tuntutan warga yang meminta SK Bupati soal izin tambang emas secepatnya dicabut.

Sementara dari kajian sementara Komnas Ham dan Kontras, insiden berdarah di Pelabuhan Sape diduga telah direncanakan secara sistematis. Itu karena banyaknya aksi kekerasan oleh aparat kepolisian terhadap warga yang telah menyerah dan tidak melakukan perlawanan.(IAN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini