Sukses

Kini, Sudah 100 Polisi Diperiksa Secara Internal

Sebanyak seratus anggota polisi di Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB) diperiksa secara internal oleh jajarannya, yakni Propam dan Irwasum Polri.

Liputan6.com, Jakarta: Sebanyak seratus anggota polisi di Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB) diperiksa secara internal oleh jajarannya, yakni Propam dan Irwasum Polri. Pemeriksaan terkait bentrokan warga di Bima, NTB, sepekan silam. Pemeriksaan untuk membuktikan bersalah tidaknya petugas di lapangan pada saat bentrokan terjadi.

"Kalau dari internal, petugas-petugas kita sudah berjalan pemeriksaan. Hampir sekitar 100 petugas diambil keterangan dari berbagai unsur. Semua upaya penyelidikan untuk melihat apakah tindakan terkait refresif. Itu dilakukan tim Irwasum dan Propam," ujar Kepala Bagian Penerangan Umum Polri Komisaris Besar Polisi Boy Rafli Amar di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (29/12).

Menurut Boy, anggota yang diperiksa terdiri dari unsur Sabara, Reserse, Brimob, dan lain sebagainya. Jika terbukti bersalah, baik disiplin, kode etik, atau pidana, maka akan diproses lebih lanjut [baca: Polisi Telah Periksa 58 Anggotanya].

Selain memeriksa anggotanya, Polri pun meminta keterangan warga terkait tindakan polisi di lapangan. "Sedang berjalan dan didengar keterangan warga juga," tutur Boy.(AIS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini