Sukses

Karyawan Freeport Ancam Mogok Lagi

Serikat Pekerja PT Freeport mengancam untuk meneruskan pemogokan jika perusahaan sub kontraktor perusahaan itu tetap memberikan sanksi kepada karyawan yang sebelumnya ikut aksi mogok.

Liputan6.com, Timika: Serikat Pekerja PT Freeport mengancam untuk meneruskan pemogokan jika perusahaan sub kontraktor perusahaan itu tetap memberikan sanksi kepada karyawan yang sebelumnya ikut aksi mogok. Juru Bicara Serikat Pekerja PT Freeport, Virgo Solossa, mengatakan saat ini mereka tengah melakukan pembicaraan dengan salah satu perusahaan sub kontraktor Freeport, PT Kuala Pelabuhan Indonesia.

"Kami baru akan melakukan negosiasi hari ini dan akan kami tunggu hingga pukul 24.00 nanti," kata Virgo Solossa, Selasa (27/12) kepada BBC Indonesia. "Semangat pembukaan blokade jalan dan mobilisasi merupakan hasil rapat koordinasi dengan bapak Wakapolda dan jaminan PT Freeport kepada kontraktor untuk tidak melakukan PHK. Itu menyeluruh," tambah Virgo.

Namun belakangan, menurut Virgo, ada perusahaan yang tidak mau melakukan kesepakan itu, padahal permintaan Serikat Pekerja kepada PT Freeport dan perusahan subkontraktornya sebelumnya yang sudah disepakati adalah tidak memberikan sanksi kepada karyawan yang terlibat aksi mogok. Kesepakatan itulah yang ditandatangani pada Jumat pekan lalu.

Kini menurut kubu pekerja, sedikitnya 18 pengurus SPSI di PT KPI yang sudah menjalani proses untuk dipecat.(ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.