Sukses

Solidaritas Bima, Jalan Bundaran HI Diblokade

Puluhan orang yang tergabung dalam Solidaritas Mahasiswa, Pemuda, dan Masyarakat Bima Bersatu, melakukan unjuk rasa di Bundaran HI, Senin (26/12). Mereka memblokade jalan di Bundaran HI, Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta: Puluhan orang yang tergabung dalam Solidaritas Mahasiswa, Pemuda, dan Masyarakat Bima Bersatu, melakukan unjuk rasa di Bundaran HI, Senin (26/12). Mereka memblokade jalan di Bundaran HI, Jakarta.

Mereka melakukan aksi di sekitar bundaran HI, tepatnya di tengah ruas jalan MH Thamrin ke arah Merdeka Barat. Akibatnya, aksi yang dimulai pukul 11.00 WIB ini cukup menghambat arus lalu lintas dari arah Sudirman. Namun demikian, aksi pemblokiran ini hanya berlangsung 30 menit setelah polisi berusaha menggiring massa ke pinggir jalan.

Ini merupakan aksi solidaritas atas kasus penembakan di Bima. Selain mengutuk aparat kepolisian, mereka juga mendesak Presiden SBY agar segera mencopot Kapolri, Jenderral Timur Pradopo, Kapolda NTB, Kapolres Bima, dan Kapolresta Bima karena dianggap telah membunuh rakyatnya.

Mereka juga menuntut pemerintah untuk segera mencabut izin pengelelola tambang di daerah Lambu karena dianggap ilegal.

"Tangkap dan adili gubernur NTBZainul Majdi dan Bupati Bima Ferry Zulkarnain, merekalah yang paling bertanggungjawab atas meninggalnya dua teman kami," ujar koordinator aksi, Muslihun di Bundaran HI, Jakarta, Senin (26/12).

Jika tuntutan ini tidak dipenuhi dalam waktu 48 jam mereka akan kembali melakukan aksi yang sama dengan massa lebih banyak lagi.(MEL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.