Sukses

Angke-angke, Batu Ajaib Ranah Minang

Batu angke-angke di Batu Sangkar ini bisa menjadi berat sekali atau justru menjadi sangat ringan seperti kapas sesuai dengan keyakinan yang mengangkat.

Liputan6.com, Batu Sangkar: Batu Sangkar di Sumatra Barat selama ini terkenal dengan keindahan alamnya nan mempesona. Tetapi selain itu, ternyata ada juga satu ciri khas negeri di Ranah Minang tersebut yakni batu angke, batu istimewa yang kerap berubah-ubah beratnya.

Wisata batu angke terletak di Kecamatan Sungaiyang, Batu Sangkar, sekitar tiga jam perjalanan dari Kota Padang. Ternyata si batu ajaib ini sudah mulai dikunjungi wisatawan sejak 100 tahun lalu. Selama itu pula tujuh generasi menjaga peninggalan sejarah yang unik ini.

Batu yang bernama angke-angke ini bisa menjadi berat sekali atau justru menjadi sangat ringan seperti kapas sesuai dengan keyakinan yang mengangkat. Konon ada kekuatan magis. Dalam bahasa Minang, angke-angke artinya angkat. Jadi batu angke-angke artinya batu yang diangkat.

Ada aturan sebelum mengangkat batu ini yakni membaca doa. Banyak dari pengunjung kelelahan karena ternyata batu ini beratnya mencapai ratusan kilogram di tangan mereka. Untuk bisa mengangkat batu ini tidak dipungut biaya, cukup membeli cinderamata seharga Rp 10 ribu.(JUM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini