Sukses

Kapolda Lampung Sangkal Video Pembantaian

Kapolda Lampung menyangkal video tentang korban pembantaian terhadap petani di Kabupaten Mesuji, Lampung. Menurutnya, peristiwa itu terjadi di Desa Sodong, Kecamatan Mesuji, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatra Selatan.

Liputan6.com, Bandar Lampung: Kapolda Lampung Brigjen Polisi Jodie Rooseto menyangkal video tentang korban pembantaian terhadap petani di Kabupaten Mesuji, Lampung. Menurutnya, peristiwa itu terjadi di Desa Sodong, Kecamatan Mesuji, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatra Selatan, dan bukan di daerah Lampung.

“Pernah ada dua peristiwa bentrok antara polisi dan warga di Kabupaten Mesuji, Lampung,” kata Jodie di Bandar Lampung, Lampung, Kamis (15/12).

Pada 6 November 2011, polisi berusaha menertibkan para perambah di kawasan hutan produksi  register 45, milik PT Silva Inhutani. Namun, tindakan itu mendapatkan perlawanan dari warga. Satu orang warga tewas tertembak peluru dan seorang lagi terluka, karena berusaha melawan polisi.

Peristiwa kedua terjadi pada 10 November 2011. Bentrokan terjadi terkait penjarahan buah kelapa sawit milik PT Barat Selatan Makmur Invesindo (BSMI) oleh sekelompok warga. Polisi yang berusaha menghentikan aksi penjarahan justru mendapatkan perlawanan dari warga. Bentrokan terus berlanjut dan memaksa polisi mengeluarkan tembakan peringatan. Lima warga terluka dan salah seorang di antaranya meninggal dunia.

Terkait dua peristiwa tersebut, Polda Lampung telah melakukan penanganan, di antaranya memberikan sanksi disiplin terhadap dua polisi yang terlibat dalam peristiwa penembakan tersebu. Kasus ini belum tuntas dan ditangani.(SHA)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.