Sukses

Hamas: Kemenangan Faksi Islam di Mesir Baik

Penguasa Jalur Gaza, Hamas, menyambut baik hasil awal keberhasilan dalam pemilihan umum oleh partai Islam di negara tetangganya, Mesir.

Liputan6.com, Gaza: Penguasa Jalur Gaza, Hamas, Sabtu (3/12), menyambut baik hasil awal keberhasilan dalam pemilihan umum oleh partai Islam di negara tetangganya, Mesir. "Itu hasil yang sangat bagus...Itu akan berarti lebih banyak dukungan bagi masalah Palestina," kata Juru Bicara Hamas Fawzi Barhum kepada AFP.

"Hubungan rezim mendatang di Mesir dengan rakyat Palestina akan sangat baik," imbuhnya.

Sebagian hasil yang muncul Sabtu ini buat beberapa daerah Mesir yang warganya memberi suara dalam jumlah banyak memperlihatkan di Port Said, aliansi Islam moderat pimpinan faksi yang dulu dilarang--Ikhwanul Muslimin, meraih 32,5 persen suara untuk beberapa partai. Sementara partai garis keras Salafi, An-Nur, mengantungi 20,7 persen.

Sejumlah surat kabar Mesir melaporkan, aliansi Ikhwanul Muslimin meraih 30 persen di kabupaten Laut Merah, Mesir bagian selatan. Sementara, koalisi sekuler Blok Mesir berada di urutan kedua dengan 15 persen.

Barhum mengatakan hasil pemungutan suara di Mesir dan prestasi kubu Islam di Tunisia, seperti kemenangan besar Hamas sendiri pada 2006, menarik perhatian Barat bahwa upayanya untuk secara politik menyisihkan Islam ternyata gagal. "Kami meminta Amerika Serikat dan Eropa menghormati demokrasi rakyat Mesir," kata Barhum.(ANS/Ant)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.