Sukses

Badak Hitam Afrika Barat Kini Punah

Lembaga yang memantau dan memelihara kelestarian alam serta spesies makhluk hidup yang terancam punah menyatakan, badak hitam Afrika Barat dipastikan punah.

Liputan6.com, Jakarta: Pekan lalu, International Union for Conservation of Nature (IUCN), lembaga yang memantau dan memelihara kelestarian alam serta spesies makhluk hidup yang terancam punah menyatakan, badak hitam Afrika Barat dipastikan punah. Badak tersebut menyusul nasib dua subspesies badak lain yang menjumpai nasib yang sama baru-baru ini.

Pernyataan punahnya spesies badak hitam Afrika barat diungkapkan setelah lembaga itu melakukan penilaian ulang terhadap spesies tersebut. Sebelum ini, spesies badak lain yang mengalami kepunahan di alam bebas adalah badak putih utara yang tinggal di kawasan tengah Afrika. Badak Jawa yang ada di Vietnam juga punah setelah pemburu membunuh satu-satunya hewan yang tersisa itu di tahun 2010 lalu.

Kini tinggal badak Jawa yang tinggal di Jawa saja yang masih tersisa. Itu pun populasinya sedikit dan kian menyusut. “Kurangnya dukungan politik dan perhatian pemerintah terhadap upaya konservasi di sejumlah habitat badak, banyaknya kelompok kriminal terorganisir yang mengincar hewan itu, serta meningkatnya permintaan atas cula serta perburuan liar merupakan ancaman utama yang dihadapi badak,” sebut IUCN.

Saat ini, IUCN menyebutkan, sekitar seperempat dari seluruh mamalia tersebut terancam punah. Namun sejumlah spesies berhasil diselamatkan dari ambang kepunahan. Sebagai contoh, menurut data IUCN, pada abad ke-19 lalu, hanya tersisa 100 ekor badak putih saja yang tersisa. Namun jumlahnya kini telah meningkat.(NatGeo/ADO)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.