Sukses

Sadis! 750 Orangutan Dibunuh dalam Setahun

Warga desa yang tinggal di pedalaman Kalimantan telah membunuh setidaknya 750 orangutan dalam periode setahun.

Liputan6.com, Jakarta: Warga desa yang tinggal di pedalaman Kalimantan telah membunuh setidaknya 750 orangutan dalam periode  setahun. Menurut hasil survei jurnal PloSOne, Senin (14/11), pembunuhan itu kebanyakan disebabkan oleh usaha para petani yang mencegah orangutan tidak menyerang dan mengambil hasil tanaman.

Penulis survei, Erik Meijaard, juga mengkhawatirkan hal tersebut bakal menjadi ancaman yang lebih serius terhadap keberadaan populasi kera merah. Indonesia merupakan rumah bagi 90 persen dari total populasi orangutan yang tinggal di hutan. Selain itu, Indonesia juga diselimuti hutan hujan sejak 50 tahun lalu, tetapi setengah pohon-pohon di hutan itu telah ditebang sejak dunia membutuhkan pasokan lebih banyak kayu, kertas, dan minyak kelapa sawit.

Sebagai hasilnya, sekitar 50.000 sampai 60.000 kera yang tersisa itu hidup tersebar, terdegradasi hutan, bahkan berujung kematian setelah terlibat konflik dengan manusia. "Survei kami ini mengindikasikan bahwa pembunuhan orangutan terjadi semakin serius di dalam kawasan hutan, di mana mereka diburu seperti spesies lainnya," kata Meijaard. "Ini tampaknya menjadi fakta yang tidak mengenakan, tetapi ini tidak bisa dibiarkan lebih lama lagi," tambahnya.

Nature Conservancy dan sekitar 19 organisasi swasta lainnya, termasuk WWF serta Persatuan Ahli dan Pengamat Primata Indonesia, mencetuskan survei ini agar mendapatkan pengertian yang lebih baik dalam pembunuhan orangutan. Mereka mewancarai sebanyak 6.983 orang di 687 desa di tiga provinsi Kalimantan, yang juga berbatasan dengan Malaysia dan Brunei, pada April 2008 sampai September 2009.

Hasil dari wawancara itu diekstrapolasi ke populasi dengan sasaran laki-laki 15 tahun dan lebih tua, dikarenakan hanya 11 wanita yang dilaporkan telah membunuh orangutan. Hal itu juga menunjukkan bahwa setidaknya 750 kera telah tewas selama tahun sebelumnya.

Neil Makinuddin, manajer program dari Nature Conservancy, mengatakan, mereka terkejut dari hasil responden yang dilaporkan telah membunuh orangutan dan setengah dari hasil itu dilaporkan memakannya.

Hasil penelitian itu juga mengatakan, beberapa dikonsumsi setelah dibunuh karena orangutan tersebut memasuki kawasan ladang atau dikarenakan warga takut dengan binatang itu. Beberapa lainnya langsung diburu untuk daging mereka. Setiap warga yang membunuh juga mengaku telah membunuh orangutan setidaknya satu atau dua ekor selama hidupnya.

"Orangutan itu bukan bagian dari rantai makanan harian orang," tegas Meijaard, selaku penasehat senior di People and Nature Consulting International. Juru bicara Kementrian Kehutanan Indonesia, Ahmad Fauzi Masyhud, juga mengaku belum menerima laporan tersebut dan menyebutnya sebagai kabar "bombastis".

"Kami harus mengecek ulang apakah berita itu benar atau salah. Tetapi, saya masih ragu dengan itu," kata Masyhud.

Namun, Meijaard tetap bersikeras dengan menyatakan bahwa sekarang saatnya untuk menghadapi fakta-fakta tersebut. Ia juga mengaku telah melihat banyak tengkorak orangutan, kulit dan tangannya yang dipotong, serta mendengan banyak orang yang mengaku pernah membunuh atau memakan orangutan. (SunTimes/AP/MEL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini