Sukses

Warga Demo, Jalan Abepura-Sentani Macet

Ratusan warga asli Papua yang menamakan dirinya Komite Nasional Papua Barat berunjuk rasa di Kantor Pos Abepura. Akibat jalan Abepura-Sentani macet total.

Liputan6.com, Jayapura: Ratusan warga asli Papua yang menamakan dirinya Komite Nasional Papua Barat (KNPB) berunjuk rasa di depan Kantor Pos Abepura, Jayapura, Senin (14/11). Akibat aksi ini, jalan yang menghubungkan Abepura dan Sentani menjadi macet total.

Adanya aksi warga membuat pengguna jalan tidak bisa leluasa mengemudikan kendaraannya. Sebagian jalan digunakan demonstran. Massa sendiri siap melakukan "long march" ke Taman Imbi, pusat Kota Jayapura yang terletak sekitar 10 hingga 13 kilometer dari Abepura.

"Papua zona darurat, segera laksanakan referendum," kata salah satu pendemo. Sementara itu, nampak puluhan personel Polres Jayapura Kota dan Brimob berjaga-jaga di Expo-Waena dan Abepura. Sejumlah pusat perbelanjaan dan fasilitas umum lainnya memilih tutup.

Sebelumnya, demonstrasi ini telah disampaikan oleh Koordinator Umum KNPB wilayah Jayapura, Victor Kogoya pada pekan kemarin. "Kami ajak semua warga Papua untuk dukung demo tuntut referendum, dan ini aksi nasional hingga internasional," kata Victor Kogoya.(ant/JUM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini