Sukses

Aneka Acara Memperingati Hari Pahlawan

Sejumlah daerah merayakan Hari Pahlawan dengan meriah. Bahkan ada pom bensin yang seluruh karyawannya memakai baju ala perang kemerdekaan.

Liputan6.com, Grobogan: Banyak cara dilakukan untuk menghargai para pahlawan. Di Grobogan, Jawa Tengah, ribuan pelajar menggelar karnaval mulai pertunjukan marching band, sepeda hias, hingga teatrikal dan pembacaan puisi. Karnaval digelar untuk menghormati jasa para pahlawan yang telah berjuang demi bangsa.

Sementara itu ratusan pelajar Sekolah Dasar Negeri Margorejo Solo, Jateng, memilih membersihkan Monumen Perjuangan 45 yang terletak di Taman Kota Banjarsari, Solo, Kamis (10/11). Sebelum bersih-bersih dimulai, para siswa menyanyikan lagu-lagu perjuangan untuk membangkitkan rasa kecintaan terhadap Indonesia.

Para siswa kemudian mengumpulkan sampah. Membersihkan anak tangga hingga menyapu halaman monumen. Semua dilakukan dengan gembira. Apalagi, usai bersih-bersih, mereka bisa membaca buku-buku sejarah pahlawan yang disediakan oleh mobil pintar milik Pemerintah Kota Surakarta.

Di Padang, Sumatra Barat, Hari Pahlawan dirayakan dengan unik. Para karyawan di sebuah SPBU sengaja berpakaian ala para pahlawan. Karyawan wanita mengenakan kebaya sedangkan yang pria mengenakan seragam ala pejuang dan pakaian silat. Di sekitar SPBU juga dipasang bambu runcing, lengkap dengan bendera Merah Putih.

Tentu saja ini langsung mengundang perhatian para konsumen. Mereka juga memanfaatkan momen ini untuk membagikan selebaran yang mengajak pengendara menggunakan bahan bakar nonsubsidi, pertamax. Upaya ini ternyata berhasil. Terbukti minat pengendara berpindah kepada pertamax sedikit meningkat dibanding hari biasa.(JUM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.