Sukses

Merayakan Iduladha dengan Pencak Silat

Selain ritual kurban, warga Desa Taman Suruh, Banyuwangi, menggelar pertunjukan pencak silat tradisional antarkampung setiap Hari Raya Iduladha.

Liputan6.com, Banyuwangi: Ada yang unik digelar warga Desa Taman Suruh, Glagah, Banyuwangi, Jawa Timur, dalam merayakan Hari Raya Iduladha. Selain ritual kurban, warga desa menggelar pertunjukan pencak silat tradisional antarkampung.

Suara musik khas pencak silat yang ditabuh membuat suasana pertandingan semakin meriah. Pertunjukan ini merupakan rangkaian ritual bersih desa yang selalu digelar warga Taman Suruh setiap Iduladha. Para pesilat datang bukan hanya dari Banyuwangi, tetapi juga dari luar daerah seperti Jember dan Madura.

Pertunjukan ini sebagai upaya meminta berkah kepada Tuhan agar terhindar dari bahaya. Pertunjukan ini juga sebagai ajang silaturahmi antarpara pesilat tradisional. Dengan pagelaran ini diharapkan pencak silat tetap lestari.(JUM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini