Sukses

AS Tawarkan Bantuan ke Libia

Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton mengucapkan selamat kepada rakyat Libia atas runtuhnya pemerintahan Muammar Kadhafi. Tak hanya itu, Clinton juga menawarkan paket bantuan kepada pihak pemegang otoritas sementara.

Liputan6.com, Tripoli: Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton mengucapkan selamat kepada rakyat Libia atas runtuhnya pemerintahan Muammar Kadhafi. Tak hanya itu, Clinton juga menawarkan paket bantuan kepada pihak pemegang otoritas sementara.

Seperti dikutip NHK, Rabu (19/10), Clinton melakukan kunjungan mendadak ke ibukota Libia, Tripoli, pada Selasa kemarin untuk bertemu Ketua Dewan Transisi Nasional ((NTC), Mustafa Abdel Jalil. Usai pertemuan, ia mengatakan kepada wartawan bahwa pemerintah AS akan menawarkan paket bantuan sekitar 11 juta dolar AS.

Uang bantuan itu akan digunakan untuk mengobati tentara yang terluka dari perang sipil dan untuk mendanai pencarian senjata mematikan seperti rudal anti-aircraft. Sebelumnya, NTC juga mengklaim telah mengambil alih bagian tengah Sirte dan Bani Walid, yang merupakan benteng terakhir milik loyalis Qadhafi.

Namun, keberadaan Kadhafi hingga saat ini masih belum diketahui. Konflik suku dan sektarian juga menyebabkan keterlambatan dalam pembentukan pemerintahan sementara. (YUS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.