Sukses

Radiasi Tinggi Ditemukan di Sekolah Tokyo

Tingkat radioaktif yang lebih tinggi dari daerah reaktor nuklir Fukushima, ternyata juga ditemukan di sebuah sekolah dasar di Tokyo.

Liputan6.com, Tokyo: Radiasi nuklir akibat krisis nuklir berkepanjangan di Jepang, kembali mengkhawatirkan warga. Tingkat radioaktif yang lebih tinggi dari daerah reaktor nuklir Fukushima, ternyata juga ditemukan di sebuah sekolah dasar di Tokyo, Selasa (18/10). Padahal, lokasi SD Adachi berada di 210 kilometers dari reaktor.

Tingkat radiasi pada tingkat tiga, 99 microsievert per jam yang diamati lima sentimeter dari atas tanah tepat di bawah pipa air hujan. Sementara itu, sekitar 60 kilometer dari reaktor nuklir di Kota Fukushima, paparan radiasi sebesar satu  microsievert per jam.

Kepala SD Adachi mengaku terkejut mendengar adanya radiasi tersebut. Akibat kabar itu, aktivitas kelas dan kegiatan lain di sekolah hari itu terpaksa dibatalkan.

Lembaga Berwenang berencana memindahkan tanah dan pohon-pohon dari area sekolah dan mengukur radiasi. Pengukuran tersebut akan dilakukan di sekitar 800 lokasi, termasuk sekolah, taman dan fasilitas umum lainnya.

Sebelumnya, radiasi tingkat radiasi yang melebihi Prefektur Fukushima, juga ditemukan di dua wilayah Tokyo dan Prefektur Chiba [baca: Ancaman Radiasi Hantui Tokyo dan Chiba].(DES/ANS/NHK)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini