Sukses

Sudah 10 Calon Wakil Menteri Dipanggil SBY

Dalam tiga hari terakhir Presiden SBY telah memanggil 10 calon yang akan menduduki pos sebagai orang nomor dua di kementerian.

Liputan6.com, Bogor: Penggodokan perombakan Kabinet Indonesia Bersatu II terus dilakukan. Setelah Wakil Presiden Boediono, Menko Polhukkam Djoko Suyanto, dan Mensesneg Sudi Silalahi hadir di kediaman pribadi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (15/10) sekitar pukul 13.00 hadir Wakil Menteri Pertanian Bayu Krisnamurti.

Tak lama berselang tampak Sekretaris Menteri BUMN Mahmudin Yasin yang langsung masuk ke kediaman Presiden. Beberapa jam kemudian hadir pula Wakil Menteri Perdagangan Mahendra Siregar disusul Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro.

Tidak hanya wakil menteri, petang kemarin Presiden Yudhoyono juga memanggil Kepala Badan Pusat Statistik Rusman Heryawan, Guru Besar Fakultas Teknik UGM Windu Nuryanti, dan Guru Besar FISIP UI Eko Prasojo. Hasil perombakan Kabinet Indonesia Bersatu II ini diharapkan selesai sesuai jadwal yaitu sebelum 19 Oktober mendatang.

Dengan demikian, dalam tiga hari terakhir Presiden telah memanggil 10 calon yang akan menduduki pos sebagai orang nomor dua di kementerian. Mereka adalah mantan Dubes RI untuk Singapura Wardana yang dicalonkan sebagai Wakil Menlu. Kemudian Dekan Fakultas Kedokteran UGM Ali Gufron Mukti sebagai calon Wakil Menteri Kesehatan.

Sapta Nirwandar, Dirjen Pemasaran Kemenbudpar dicalonkan sebagai Wakil Menteri Kebudayaan dan Pariwisata. Selanjutnya Musliar Kasim, Irjen Kemendiknas yang dicalonkan untuk menjadi Wakil Menteri Pendidikan Nasional bidang Pendidikan. Disusul Wakil Menteri Pertanian Bayu Krisnamurti yang dicalonkan menjadi Wakil Menteri Perdagangan menggantikan Mahendra Siregar.

Sedangkan Mahendra Siregar bergeser posisi menjadi calon Wakil Menteri Keuangan. Kemudian Mahmudin Yasin yang kini menjabat Sekretaris Menteri BUMN menjadi calon Wakil Menteri BUMN. Hadir pula Kepala BPS Rusman Heryawan yang dicalonkan menjadi Wakil Menteri Pertanian menggantikan pos Bayu Krisnamurti.

Selanjutnya Eko Prasojo, yang dicalonkan menjadi Wakil Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara guna mewujudkan reformasi birokrasi. Dan yang terakhir Windu Nuryanti yang ditunjuk menjadi calon Wakil Mendiknas bidang Kebudayaan. Ini berarti, dengan terisinya dua pos wakil menteri di Kementrian Pendidikan Nasional, maka posisi Wamendiknas Fasli Jalal tergantikan.(ADO)
 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.