Sukses

Menag Lepas Kloter Pertama

Menteri Agama Suryadharma Ali melepas kelompok terbang pertama calon jemaah haji dari DKI Jakarta ke Tanah Suci, Arab Saudi, di Bandara Soekarno Hatta Jakarta, Ahad pagi.

Liputan6.com, Jakarta: Menteri Agama Suryadharma Ali melepas kelompok terbang (kloter) pertama calon jemaah haji (calhaj) dari DKI Jakarta ke Tanah Suci, Arab Saudi, di Bandara Soekarno Hatta Jakarta, Ahad (2/10) pagi. Sebelumnya, sekitar pukul 08.00 WIB dari Bandara Soekarno Hatta bertolak calhaj dari Tasikmalaya, Jawa Barat, menggunakan pesawat Saudi Arabia yang langsung menuju Madinah.

Dalam pidato pelepasan calhaj di ruang keberangkatan terminal haji Bandara Soekarno Hatta, Suryadharma Ali mengatakan, hendaknya calhaj mempunyai pikiran fokus untuk ibadah untuk mendapatkan haji mabrur. Jaga kesehatan dan jangan boros tenaga, boros uang sehingga mengganggu ibadah.

"Calhaj bawa misi bangsa dan karena itu harus berdisiplin dan tertib. Tahun ini calhaj menggunakan batik yang bermakna jemaah mudah dikenali sehingga memudahkan pelayanan," kata Menag. "Tahun ini pondokan bagi Calhaj dekat dengan Masjidil Haram."

Sementara Direktur Pelayanan Haji Zainal Abidin Supi menyebutkan, calhaj diberangkatkan melalui 11 embarkasi. Kecuali dari embarkasi Banjarmasin yang diberangkatkan pada 6 Oktober, yang lainnya secara serentak mulai 2 Oktober.

Hadir pada acara pelepasan tersebut perwakilan dari Kedutaan Besar Arab Saudi, Dirjen Bimas Islam Nasaruddin Umar, Irjen Kemenag Suparta, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Slamet Riyanto, Menkes Endang Setianingsih, Kanwil Kemenag Provinsi DKI Jakarta, Muhaemin Lutfi, anggota Komisi VIII dan anggota DPD DPR, Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kurdi Mustopa, serta para pejabat di lingkungan instansi terkait.(Ant/SHA)



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini