Sukses

BBM Subsidi Bertahan Sampai Kapan?

Penggunaan BBM bersubsidi terus bertambah. Pemerintah mencatat, hingga September 2011 subsidi BBM telah mencapai Rp 83,8 triliun dari jatah anggaran subsidi BBM tahun ini Rp 129,7 triliun.

Liputan6.com, Jakarta: Penggunaan BBM bersubsidi terus bertambah. Pemerintah mencatat, hingga September 2011 subsidi BBM telah mencapai Rp 83,8 triliun dari jatah anggaran subsidi BBM tahun ini Rp 129,7 triliun. 

Belum ada tindakan konkrit dari pemerintah untuk mengendalikan, apakah akan segera menaikkan harga atau memberlakukan pembatasan konsumsi BBM subsidi. Bila kondisi tetap dibiarkan, subsidi akan menjadi masalah. Apalagi pertumbuhan jumlah kendaraan tiap tahun mencapai lebih dari enam persen yang nantinya akan membutuhkan energi alternatif, murah dan tak perlu subsidi.

Menteri ESDM Darwin Zahedy Saleh mengatakan yang tak kalah pentingnya adalah kerja sama seluruh masyarakat dalam mengawasi dan menggunakan quota BBM secara tepat.

Sementara itu, pengamat migas Kurtubi mengatakan penanganan masalah BBM harus ada program yang segera dilakukan dan nyata. Sebagai contoh adalah pengalihan BBM untuk transportasi dengan energi gas. 

Subsidi BBM yang mencapai lebih dari 100 triliun rupiah itu sebagian besar terbakar sia-sia dalam kemacetan lalu lintas di kota-kota besar setiap hari. (Vin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini