Sukses

Dalam Sepekan, Enam Kapal Terbakar dan Tenggelam

Terbakarnya Kapal Motor Kirana IX di Pelabuhan Tanjung Perakm, Surabaya, Jatim, hari ini, menambah panjang daftar kecelakaan kapal di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta: Dalam delapan hari, terjadi serangkaian kecelakaan kapal, baik tenggelam maupun terbakar yang merenggut puluhan nyawa. Pada 20 september, 11 orang tewas dan 13 lainnya hilang, setelah Kapal Sri Murah Rejeki tenggelam dihantam ombak, saat berlayar dari Nusa Lembongan menuju Nusa Penida, Klungkung, Bali.

Sebanyak 11 orang penumpang dalam kecelakaan ini selamat dari maut. Tujuh hari setelah kecelakaan, pencarian ke 13 korban hilang tak juga ditemukan. Pencarian dihentikan.

Berikutnya, kapal tanker raksasa Lentera Bangsa terbakar di perairan Kepulauan Seribu, Jakarta, 23 September yang lalu. Sejumlah kapal dikerahkan untuk memadamkan api. Proses pemadaman sulit dan berisiko tinggi.

Sebab, kebakaran berpusat di kamar mesin. Sementara angin bertiup kencang pada saat kejadian. Sebanyak 101 pekerja dapat dievakuasi. Namun, empat orang menderita luka bakar dan satu orang dinyatakan hilang. Hingga kini, penyebab kebakaran belum diketahui.

Sehari kemudian, Kapal Motor Putri Tunggal, tenggelam dihantam ombak di perairan Raas, Kepulauan Kangean, Sumenep, Jawa Timur. Kecelakaan ini menewaskan 13 penumpang kapal, 23 orang selamat. Kapal tenggelam dalam perjalanan dari Pulau Tonduk menuju Pulau Gua-gua.

Kecelakaan kapal masih berlanjut. Sebuah kapal barang yang mengangkut bahan bakar minyak, terbakar di Pelabuhan Muara, Sumatra Barat, pada 25 September lalu. Api lalu merembet ke kapal lain yang tengah bersandar di pelabuhan. Tidak ada korban jiwa, namun kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah

Sehari berlalu, sebuah Kapal Motor Jukung Bintang Sriwijaya, meledak dan terbakar di Sungai Musi, Palembang, Sumatra Selatan. Saat kejadian, kapal itu dalam perjalanan menuju Kabupaten Banyuasin dan membawa BBM dan sembako. Tak ada korban jiwa.

Di hari yang sama, Kapal Motor Marina Nusantara terbakar hebat di Sungai Barito, Kalimantan Selatan, satu kilometer dari Pelabuhan Trisakti. Kapal terbakar setelah ditabrak sebuah kapal tongkang pengangkut batu bara. Akibatnya, lima orang tewas dan puluhan orang cedera.

Terbakarnya Kapal Motor Kirana IX di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jatim, hari ini, menambah panjang daftar kecelakaan kapal di Indonesia.(ASW/ULF)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.